Cara Cetak Kartu UTBK Tanpa Buram Terbaru !

Buat kamu yang telah melakukan pembayar biaya UTBK, tentu pada langkah akhir dalam pendaftaran akun UTBK-SBMPTN adalah mencetak kartu bukti keikutsertaan sebagai peserta UTBK-SBMPTN.

Setelah simpan permanen kamu diminta untuk menyimpan maupun mencetak langsung kartu UTBK-SBMPTN tersebut. Kartu bukti peserta ini digunakan sebagai salah satu persyaratan yang wajib dibawa saat kamu mengikuti tes tertulis berbasis komputer nanti.

Cara Cetak Kartu UTBK Tanpa Buram Terbaru !

Kartu ini juga berfungsi sebagai salah satu syarat untuk pendaftaran ulang di PTN yang telah kamu pilih, ketika kamu dinyatakan lolos pada PTN tersebut. Pada langkah terakhir kamu dapat memilih untuk menyimpan kartu UTBK tersebut atau langsung mencetak pada lembar kertas cetakan dengan memilih tombol cetak pada akun LTMPT.

Ukuran kertas cetak kartu UTBK dapat kamu cetak dengan kertas ukuran A4 atau HVS pada tiap lembar. Pada kartu UTBK-SBMPTN terdapat 2 bagian yang dapat kamu cetak.

Pada bagian pertama terdapat Identitas Peserta beserta jadwal dan lokasi UTBK. Serta Pilihan prodi juga terdapat pada bagian ini.

Bagian kedua terdapat daftar kegiatan peserta pada saat selama mengikuti proses UTBK di lokasi ujian nanti. Bagian ini dapat kamu baca dan dijadikan pedoman untuk mengikuti tes UTBK.

Pada bagian kedua ini bersifat opsional, kamu dapat mencetaknya sekalian ataupun hanya mencetak pada bagian pertama.

Buat kamu yang belum sempat mencetak kartu UTBK langsung pada sistem LTMPT kemarin, ataupun dengan pilihan kamu lebih memilih untuk menyimpan kartu UTBK tersebut pada tombol simpan terlebih dahulu dengan file kartu simpanan dari sistem LTMPT berupa file atau JPEG.

Untuk mencetak kartu UTBK berjenis file Gambar atau JPEG ini agar tidak blur atau buram nantinya pas dicetak kamu perlu mengubah kartu tersebut ke dalam bentuk PDF terlebih dahulu sebelum dilakukan proses printing atau mencetak.

Berikut langkah mengubah dokumen kartu UTBK dari JPG ke PDF anti buram:

1. Potonglah kartu UTBK menjadi 2 bagian

Untuk membagi kartu UTBK menjadi 2 bagian kamu dapat menggunakan lewat komputer ataupun handphone yang kamu miliki.

Menggunakan Komputer atau Laptop:

a. Bukalah aplikasi Microsoft word (pada tutorial ini mimin menggunakan Word 2019 Berbahasa Indonesia) lalu pada menu insert pilih gambar. Carilah kartu UTBK kamu yang berformat JPEG tadi.


b. Setelah Image berhasil di masukan, langkah selanjutnya memalukan pemisahan pada kartu tersebut. Pada Menu Format (Format Gambar) pilih ikon crop atau pangkas untuk memotong kartu tersebut.

Setelah mengatur batas potong lalu klik enter atau ikon crop. Seperti terlihat pada gambar di bawah berikut:

c. Langkah selanjutnya adalah mengcocokan ukuran kartu dengan bidang kertas A4. Pada menu Format gambar, klik Icon Bungkus teks lalu pilih opsi di belakang teks.

Lalu tariklah salah satu sudut atau titik kartu pada bagian kiri bawah atas kanan bawah untuk menyesuaikan ukuran kartu dengan bidang cetak kertas.



Kamu juga dapat menggeser kartu tersebut ke bagian paling sudut kertas terlebih dahulu sebelum menariknya ke bawah.


d. Jika sudah sesuai dengan bidang cetak kertas kamu dapat langsung mencetaknya ataupun menyimpan menjadi PDF.

e. Untuk mencetak kartu UTBK pada bagian kedua, kamu dapat mengikuti langkah-langkah di atas hanya ada sedikit perbedaan yang harus diubah.

Kamu harus mengubah orientasi cetak kertas dari Potrait menjadi Lanscape sehingga sesuai dengan bidang cetak kartu pada bagian kedua. Hasil cetakan kartu nanti tidak menjadi buram ataupun blur.




Jika kartu bagian kegiatan kamu pecah dan blur kamu dapat unduh pada link berikut: Kartu Daftar Kegiatan Peserta dan Pengantar UTBK

Jika sudah mengikuti trik diatas, namun hasil cetak masih blur atau buram coba untuk meningkatkat kualitas print dari Standart menjadi High Qualty. Namun jika tidak berhasil juga, Kang Warnet adalah Solusinya :).

Bagi yang belum paham Cara Cetak Kartu UTBK Tanpa Buram, kamu dapat mengikuti vidio tutorial singkat berikut:


Jika ada pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar :)



Latsol Mingguan UTBK-SBMPTN, Gabung Sekarang ! Terbatas

Posting Komentar